Fajar Adinugraha

Minggu, 24 Januari 2016

EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SMARTMATH TERHADAP MINAT SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA CITRA KASIH JAKARTA




EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SMARTMATH TERHADAP MINAT SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI 
KELAS X SMA CITRA KASIH JAKARTA





Diusulkan oleh:
Daniel Devin Hidayat / / XI-MIA
Bryan Soebagijo / 11124-308 / XI-MIA
Nikodemus Stanley /14155-216 XI-MIA











SEKOLAH MENENGAH ATAS CITRA KASIH JAKARTA
JAKARTA BARAT
2015
Halaman Pengesahan
1.      Judul Karya Tulis                                :
EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SMARTMATH TERHADAP MINAT SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA CITRA KASIH JAKARTA.
2.      Ketua Pelaksana Kegiatan
a.       Nama Lengkap                              : Daniel Devin Hidayat
b.      Nomor Induk siswa                      :11124-314
c.       Kelas                                             : XI-MIA
d.      Sekolah                                         : SMA Citra Kasih Jakarta
e.       Alamat Rumah dan No Telp./HP : Citra Garden City 5 Blok H no 1-3
f.       Alamat Email                                :
3.      Anggota Pelaksana kegiatan / penulis: 2 orang
4.      Guru Pembimbing                              
a.       Nama lengkap dan Gelar              : Fajar Adinugraha, S.Pd
b.      NIP                                               : -
c.       Alamat Rumah dan No Telp./HP  : SMA Citra Kasih Jakarta
Jakarta, 31 Agustus 2015
Ketua Pelaksana,


Daniel Devin Hidayat

Menyetujui
Kepala SMA Citra Kasih Jakarta                                              Guru Pembimbing


                    
     Rohajah Ramli, S.Pd, M.Si                                              Fajar Adinugraha, S.Pd
                      NIP. -                                                                            NIP. -

EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SMARTMATHTERHADAP MINAT SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA CITRA KASIH JAKARTA
Daniel Devin Hidayat1, Bryan Soebagijo2, Nikodemus Stanley3
SMA CITRA KASIH JAKARTA
Citra garden city 5, Blok H No 3, Kalideres Jakarta Barat

ABSTRAK
Materi matematika yang menjadi tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh siswa adalah materi trigonometri. Berdasarkan studi observasi awal terhadap 45 responden siswa SMA Citra Kasih, diperoleh data  75,56 % siswa menyatakan bahwa materi Trigonometri susah untuk dimengerti. Banyak faktor yang menyebabkan materi Trigonometri ini menyusahkan bagi sebagian besar siswa. Dari 41,8% siswa menyatakan bahwa media pembelajaran tidak menarik ,17,65 % bersifat teacher centered learning, dan 41,18% siswa menyatakan faktor-faktor lain yang menyusahkan mereka, antara lain : bahannya sulit untuk dimengerti, soal-soal yang bervariasi tingkat kesulitannya, sifat malas belajar, dan banyaknya rumus-rumus sulit dan susah untuk dimengerti. Permasalahan ini dapat diatasi dengan inovasi media pembelajaran. Inovasi media pembelajaran yang penulis ciptakan yaitu Software dengan namaSMARTMATH. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Research and Development (R&D).  Menurut Sugiyono (2009), langkah-langkah penelitian R & D adalah metode penelitian dengan mengembangkan suatu produk.Hasil produk Software SMARTMATH Memiliki berbagai kelebihan antara lain : Game Trigonometri, berbagai paket latihan soal trigonometri yang disertai dengan soal test, dilengkapi dengan kalkulator virtual. Penulis melakukan uji coba produk kepada 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, 92,85% siswa mengatakan bahwa Software  ini membantu siswa memahami materi trigonometri.Software SMARTMATH mempermudahkan siswa untuk mempelajari materi Trigonometri. Namun Software ini memiliki kekurangan yaitu waktu yang diberikan game terlalu cepat.


Katakunci:SMARTMATH, Trigonometri, Minat Siswa


0 Comments:

Posting Komentar